cart     BELI question mark     BANTUAN

Salah satu permasalahan AC (Air Conditioner) yang paling sering dialami pada rumah atau kantor Anda adalah kebocoran air pada unit AC. Seringkali kita tidak mengetahui penyebab utama AC bocor dan malah membiarkannya berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

Jika Anda lupa kapan terakhir kali memanggil teknisi untuk memperbaiki AC Anda dan tidak mengerti kejadian-kejadian aneh yang muncul dari AC, kebocoran pada unit AC merupakan hal yang lumrah dialami. Keluarnya air merupakan bagian dari proses kerja normal unit AC. Secara normal, sistem AC akan menghilangkan kelembapan dari udara di dalam rumah. Kelembapan ini akan mengembun dan kemudian mengalir turun dan keluar melalui lubang pembuangan di bagian bawah mesin. Secara umum, akan selalu ada cara untuk air mengalir keluar dari mesin.

Meskipun sebenarnya adalah hal yang lumrah jika unit AC Anda mengeluarkan sedikit air, akan tetapi jika kebocoran melebihi batas normal bahkan sampai membasahi lantai dan perabotan Anda, berarti hal tersebut sudah merupakan sebuah masalah. Tiga hal berikut ini adalah penyebab utama kebocoran air pada AC Anda!
 

1. Pipa yang Sudah Terlalu Tua

Bila AC Anda sudah bertahun-tahun Anda gunakan dan Anda jarang melakukan perawatan AC, maka merupakan hal yang wajar bila lapisan pipa AC Anda mulai rusak dan mengakibatkan kebocoran. Hal ini dapat Anda perbaiki dengan mengganti pembungkus pipa dengan yang baru. Selain karena tua, bisa juga pipa Anda mengalami kerusakan tak terduga sehingga mengalami kebocoran. Oleh karena itu, bila AC Anda bocor, Anda dapat memeriksa kondisi pipa AC Anda.

2. Pemasangan AC yang Kurang Tepat

AC harus dipasang condong ke belakang dan ke arah luar, sehingga air akan mudah mengalir ke saluran pembuangan. Jika tidak dipasang dengan benar, air akan menetes keluar mesin dan membasahi lantai ruangan. Oleh karena itu, Anda harus mempercayakan pemasangan AC Anda ke teknisi profesional yang benar-benar berpengalaman di bidangnya. Teknisi jujur dan berpengalaman dari Sejasa.com siap membantu Anda. Garansi 30 hari!

3. Penumpukan Debu dan Pertumbuhan Jamur

Penyebab kebocoran AC yang paling sering ditemukan adalah adanya debu, kotoran, dan benda lainnya yang menghambat dan menyumbat saluran pembuangan. Tersumbatnya saluran pembuangan air membuat air keluar dari unit AC melalui lubang lain di mesin sehingga akhirnya membuat kebocoran air melalui jalur yang tidak normal. Selain itu, penumpukan debu dan pertumbuhan jamur pada unit AC tidak diboleh dianggap remeh oleh Anda. Jika tidak dibersihkan dengan benar, jamur akan tumbuh dan menyebar. Kemudian, akan menyebarkan udara kotor yang tidak sehat. Inilah yang nantinya dapat menyebabkan gangguan pernapasan.

Share
Artikel terkait
Isi form di bawah atau kirim email ke [email protected] untuk menjadi dealer!
Nama lengkap *
Email *
Telp *
Lokasi *
Siapkan data-data berikut untuk memudahkan proses pendaftaran-mu:
- SIUP
- NPWP
- TDP
- SPPKP
- KTP (Pemilik)
- Foto Toko/ Perusahaan
- Akta Perusahaan