Apakah Anda adalah pengguna AC atau air conditioning di rumah? Jika jawabannya iya, maka Anda perlu melakukan perawatan secara rutin terhadap pendingin udara yang dimiliki. Sebab, tidak bisa dipungkiri jika AC adalah salah satu barang elektronik yang mengkonsumsi listrik paling besar di rumah. Untuk itu selalu pastikan kinerja AC dalam kondisi yang baik agar semakin sedikit beban listrik yang digunakan untuk bekerja.

Ada juga beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat tagihan listrik dari penggunaan AC dengan 7 langkah berikut ini:

 

  • Jangan memaksakan AC di suhu terendah

Anda merasa ruangan kurang dingin, lantas menyalakan AC dengan suhu hingga 16 derajat. Jika ini terdengar familiar bagi Anda, artinya Anda sudah berkontribusi dalam menambah tagihan listrik di rumah. Pasalnya, untuk mendapatkan suhu tinggi 16 derajat celcius di iklim tropis seperti indonesia adalah hal yang sangat sulit. Untuk mencapai 22 sampai 23 derajat saja masih dianggap sulit karena cuaca yang kurang mendukung.

Saat Anda menyetel suhu tertentu, remote yang berfungsi sebagai admin pada AC akan memerintahkan mesin untuk memenuhi suhu tersebut. Lantas apa yang terjadi jika Anda menyetel suhu yang tidak dapat sanggup dijalankan oleh mesin? Mesin kompresor akan bekerja tanpa henti hingga suhu ruangan sesuai dengan suhu pada remote. Yang artinya akan butuh banyak tenaga listrik. Akibatnya listrik di rumah akan tersedot dan mesin menjadi lebih cepat rusak.

Mulai saat ini cobalah untuk menyetel AC setidaknya 24 derajat sebagai batas paling dingin Anda. Ketika suhu sudah cukup stabil, Anda bisa mengubah AC dengan mode kipas angin atau fan yang menggunakan daya listrik sangat kecil seperti layaknya kipas angin.

  • Tutup gordyn

Tahukah Anda jika menutup gordyn dapat membantu kerja AC? Iya sebab masuknya sinar matahari tidak hanya membuat pendinginan AC menjadi tidak efektif, namun juga dapat merusak mesin. Karena itu jangan biarkan jendela Anda terbuka saat membuka menyalakan AC. Tutuplah jendela dengan gordyn serapat mungkin. Keberadaan gordyn selain mencegah sinar matahari masuk namun juga menghalau keluarnya udara dingin dari dalam ruangan.

  • Jangan merokok di dalam ruangan

Saat merokok di dalam ruangan, otomatis Anda akan membutuhkan pertukaran udara dengan cara membuka pintu. Sebab, kepulan asap tentunya membuat Anda tidak nyaman. Dengan membuka pintu tentunya Anda membuat udara dingin jadi keluar dari ruangan dan membuat kinerja AC menjadi lebih berat

Selain itu, penggunaan AC dan asap rokok yang ada di ruangan tentunya tidak hanya mengurangi kenyamanan namun juga membuat mesin AC menjadi cepat rusak.

  • Jangan biarkan pintu terbuka

Saat AC sedang menyala di dalam ruangan usahakan pintu selalu tertutup rapat. Gunanya adalah untuk mengurangi keluarnya udara dingin keluar ruangan.

  • Gunakan Kipas plafon

Salah satu trik yang bisa Anda coba untuk meghemat tagihan listrik adalah dengan menggunakan kipas plafon. Dengan mengkombinasikan AC dan kipas plafon dapat mempercepat dan mempertahankan kedinginan ruangan secara lebih efektif. Cara kerjanya adalah AC sebagai pembantu dan penstabil suhu sementara kipas sebagai pembantu pendingin ruangan.

  • Teratur melakukan servis AC

Hal ini penting untuk dilakukan, karena masalah seperti debu yang tebal dan menjadi penghambat kinerja mesin. Dan ini dapat menjadi salah satu alasan AC bekerja lebih keras. Idealnya anda perlu melakukan servis setiap 3 bulan sekali untuk mencegah kerusakan pada AC.

  • Pilih AC sesuai dengan kebutuhan

Salah satu cara untuk menghemat AC tentunya adalah dengan memilih AC yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam memilih AC sebaiknya Anda memilih AC low watt atau AC inverter sebab kedua jenis AC ini telah dilengkapi dengan sistem yang dapat membantu anda menghemat listrik. Sedangkan AC tipe standar belum menggunakan teknologi tersebut sehingga perlu listrik yang lebih banyak dari kedua AC yang lain.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda coba untuk mengurangi tagihan listrik saat menggunakan AC semoga rangkuman di atas dapat menjadi panduan anda dalam berhemat listrik Selamat mencoba!

Share
Artikel terkait
Isi form di bawah atau kirim email ke cawang@gdn.co.id untuk menjadi dealer!
Nama lengkap *
Email *
Telp *
Lokasi *
Siapkan data-data berikut untuk memudahkan proses pendaftaran-mu:
- SIUP
- NPWP
- TDP
- SPPKP
- KTP (Pemilik)
- Foto Toko/ Perusahaan
- Akta Perusahaan