Saat ini Air Conditioner (AC) sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi banyak orang. Apalagi cuaca Indonesia yang kerap panas, AC menjadi senjata agar tidak kepanasan saat beraktifitas di dalam ruangan. Ketika seseorang membeli AC sudah pasti akan mendapatkan remote control yang digunakan untuk mengatur aktifitas AC. Namun, banyak orang yang belum mengerti bagaimana fungsi tombol remote pada AC. Umumnya, mereka hanya menggunakan beberapa tombol penting seperti tombol ON/OFF dan temperatur saja. Padahal masih ada beberapa tombol AC yang sangat penting untuk diketahui. Yuk, simak ulasan di bawah ini!

1. Layar Remote atau Display

Berbeda dengan alat elektronik lainnya, remote AC memiliki display yang berfungsi untuk melihat pengaturan yang diatur pada AC seperti mode dan suhunya. Saat AC beroperasi maka display atau layar pada remote pun juga menyala. Begitu juga sebaliknya, saat AC berhenti beroperasi maka layar pada remote AC juga akan mati. Namun, beberapa remote AC yang lain terkadang masih menunjukkan angka suhu saat AC berhenti beroperasi.

2. Tombol ON/OFF

                                       


Fungsi tombol ON/OFF pada AC sama dengan alat elektronik lainnya yaitu untuk menghidupkan atau mematikan AC.

3. Tombol TEMP

                                        


TEMP dalam remote AC berarti Temperatur. Tombol ini berfungsi untuk mengatur suhu pada AC yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Tombol ini pun juga terbagi menjadi dua yaitu atas dan bawah. Saat udara panas, maka dapat diatur dengan menurunkan suhu dengan menekan tombol bawah. Saat merasa kedinginan AC pun juga dapat diatur dengan menekan tombol atas untuk menaikkan suhu agar ruangan tidak terlalu dingin.

4. Tombol MODE

                                         


Satu tombol ini memiliki banyak fungsi seperti:

Cool Mode

                                         


Mode ini digunakan untuk mengatur suhu AC menjadi sangat dingin. Mode ini biasa digunakan jika ruangan terlalu luas atau jumlah orang yang ada dalam satu ruangan sangat banyak. Sangat cocok untuk iklim Indonesia saat memasuki musim panas. Cool mode sangat membantu untuk menyejukkan ruangan dan dapat dioperasikan secara otomatis.

Dry Mode

                                          


Mode ini digunakan untuk mengatur ruangan agar tidak terlalu lembab. Dry Mode diaktifkan agar suhu yang ada di dalam ruangan tidak terlalu dingin. Apalagi saat Indonesia sedang musim hujan, dry mode ini sangat diperlukan untuk mengatur suhu suatu ruangan.

Auto Mode

                                          


Mode ini digunakan untuk mengaktifkan kinerja fan secara otomatis di dalam ruangan. Apabila ruangan sangat panas, maka akan secara otomatis mode ini bekerja agar ruangan menjadi dingin. Begitu pula sebaliknya, apabila di dalam ruangan sangat dingin maka secara otomatis AC akan menaikkan suhunya. Bahkan, AC bisa mati untuk beberapa saat.

Fan Mode

                                           


Saat mode ini diaktifkan maka suhu yang ada di dalam ruangan tidak terlalu dingin seperti saat cool mode diaktifkan. Dalam hal ini fan unit indoor bekerja tanpa menyalakan unit outdoor.
5. Tombol Swing

                                           


Tombol swing ini digunakan untuk mengatur arah udara pada AC sesuai keinginan. Kita dapat mengatur udara pada AC ke arah kiri, kanan, atas, bawah, dan tengah. Mode swing ini akan mengatur udara pada AC secara menyeluruh.
6. Tombol Timer

                                           


Tombol timer sangat penting untuk mengoperasikan AC. Kita dapat menghidupkan dan mematikan AC secara otomatis tanpa harus menekan tombol ON/OFF. Dengan mengatur waktu dalam penggunaan AC, kita pun bisa lebih hemat listrik dan memakai AC saat dibutuhkan saja.

Dengan mengetahui fungsi tombol remote AC, maka kita akan lebih mudah memahami bagaimana kinerja sebuah alat pendingin tersebut. Terlebih lagi memilih AC yang tepat untuk kebutuhan anda sangatlah penting. Gunakanlah AC dengan sebaik mungkin agar tidak menambah efek rumah kaca. Dengan begitu kita juga turut menjaga alam semesta. Belilah AC yang tidak memiliki daya terlalu tinggi untuk menghemat listrik namun tetap memiliki kualitas yang bagus.

Share
Artikel terkait
Isi form di bawah atau kirim email ke cawang@gdn.co.id untuk menjadi dealer!
Nama lengkap *
Email *
Telp *
Lokasi *
Siapkan data-data berikut untuk memudahkan proses pendaftaran-mu:
- SIUP
- NPWP
- TDP
- SPPKP
- KTP (Pemilik)
- Foto Toko/ Perusahaan
- Akta Perusahaan